PEMILIHAN CALON REKTOR UNIVERSITAS MUSAMUS PERIODE TAHUN 2021 – 2025

RSTCalonRektor00

Tahapan Pengangkatan Rektor Universitas Musamus memasuki tahap Pemilihan Calon Rektor Universitas Musamus yang dilaksanakan dalam Rapat Senat Tertutup pada hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021 untuk memilih salah satu dari tiga calon Rektor yakni (1) Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA, (2) Dr. Fitriani, S.Kom.,M.Si dan (3) Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si. Rapat Senat Tertutup dibuka oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si  dengan agenda memilih calon dengan suara terbanyak yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai Rektor Universitas Musamus terpilih.

RSTCalonRektor00a

Rapat Senat Tertutup ini diikuti oleh 14 orang anggota Senat Universitas Musamus dari keseluruhan 17 orang anggota Senat dimana tiga anggota Senat tidak dapat hadir karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pemilihan calon Rektor dihadiri juga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dikuasakan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. yang didampingi oleh Koordinator Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Ditjen Dikti Bapak Suwitno untuk memberikan suara Menteri. Hadir pula tenaga saksi yaitu Dr. Dra. Seli Marlena Radjaleba, M.Hum dan Paulus Mangera, S.T., M.T.

RSTCalonRektor01b

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menyampaikan Universitas Musamus bagaikan pesawat dari Indonesia Timur yang dapat sejajar dengan kampus lainnya. Sebagai salah satu pesawat dari Indonesia Timur yang perkembangannya terbilang pesat, harus ada pilot yang menahkodai pesawat ini agar dapat terus melesat dan dapat menjadi Perguruan Tinggi Negeri kebanggaan wilayah Indonesia Timur.

RSTCalonRektor02a

RSTCalonRektor03a

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan calon Rektor yang dilakukan melalui aplikasi E-Voting oleh seluruh anggota Senat yang hadir dan Kementerian dengan ketentuan Menteri memiliki 35% (tiga puluh lima persen) hak suara dari total pemilih yang hadir dan Senat memiliki 65% (enam puluh lima persen) hak suara dan masing-masing anggota Senat memiliki hak suara yang sama. Adapun pemilihan calon Rektor melalui E-Voting menghasilkan perolehan suara sebagai berikut:

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA memperoleh 10 suara
  2. Dr. Fitriani, S.Kom.,M.Si memperoleh 1 suara
  3. Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si memperoleh 10 suara

Karena ada dua calon Rektor yang memperoleh suara yang sama, maka dilanjutkan pemilihan putaran kedua melalui E-Voting untuk memilih salah satu dari dua calon yang memperoleh suara terbanyak. Hasil akhir dari pemilihan putaran kedua diperoleh hasil suara sebagai berikut :

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA memperoleh 11 suara
  2. Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si memperoleh 10 suara

RSTCalonRektor04a

RSTCalonRektor05a

Berdasarkan hasil pemilihan tersebut, Senat menetapkan calon Rektor Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA  memperoleh suara tertinggi dan terpilih menjadi Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021-2025 yang tertuang dalam berita acara yang ditanda tangani oleh anggota Senat, calon Rektor dan saksi untuk selanjutnya berita acara tersebut disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk ditetapkan dan dilantik.

RSTCalonRektor06a

RSTCalonRektor07a

Dalam sambutan akhirnya Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. yang mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyampaikan pesan agar Rektor terpilih dapat membawa Universitas Musamus menjadi lebih maju, saling mendukung, menjalankan Amanah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan selalu kompak serta mengayomi seluruh civitas akademika Unmus untuk membangun Musamus menjadi kebanggaan Wilayah Timur Indonesia. Di akhir kegiatan, Rektor terpilih dan dua calon Rektor lainnya memberikan sambutan selama tahapan pengangkatan Rektor dimana ketiganya mengikuti segala tahapan dari awal sampai puncaknya.

Setelah semua prosesi selesai maka Rapat Senat Tertutup secara resmi ditutup oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si dengan ketukan palu tanda berakhirnya semua rangkaian acara pemilihan yang berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya diadakan jumpa Pers yang dihadiri oleh Ketua Senat Unmus, Rektor Terpilih, Ketua Panitia Pengangkatan Rektor, Sekretaris Panitia Pengangkatan Rektor yang diliput oleh wartawan beberapa media di Kabupaten Merauke dan disiarkan secara LIVE melalui youtube.

RSTCalonRektor08a

Selamat atas terpilihnya Bapak Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021 – 2025.

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini401
Minggu Ini3890
Bulan Ini11235
Total1440768

IP Anda : 3.227.235.216 18 September 2021
Powered by CoalaWeb