Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Musamus Tahun 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
Universitas Musamus
Tahun 2020

 

c_200_200_16777215_00_images_2020_PKKMB2020_PKKMB2020_a.jpg

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Musamus tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan disaat pandemi Covid-19 yang sampai sekarang  masih belum mereda sehingga acara PKKMB tahun ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh, cuci tangan dan penyemprotan desinfektan. Kegiatan PKKMB berlangsung selama 4 hari yaitu tanggal 21-24 September 2020 bertempat di area lapangan Universitas Musamus.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan menjaga aturan maka peserta PKKMB tahun ini menggunakan atribut PKKMB secara bergantian yakni :

      1. Hari Pertama    :   Pakaian Hitam Putih

      2. Hari Kedua       :   Baju Merah

      3. Hari Ketiga       :   Baju Putih

      4. Hari Keempat   :   Baju Batik Nusantara

Untuk atribut lainnya tidak diperkenankan dibawa kecuali tas dan papan nama untuk menunjukan identitas mahasiswa tersebut.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan PKKMB tahun ini berjumlah 1.851 orang dengan rincian sebagai berikut :

     1.  Fakultas Teknik : 383 orang

     2.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis : 413 orang

     3.  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : 160 orang

     4.  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : 549 orang

     5.  Fakultas Pertanian : 197 orang

     6.  Fakultas Hukum : 149 orang

Acara PKKMB tahun 2020 mengambil tema “Dari Ufuk Timur Indonesia Bersatu, Berkarya, Bersinergi Membangun Bangsa Dalam Tatanan Kehidupan Baru”. Tema ini dibawa kepada logo PKKMB yang berisi :

logo PKKMB

    -  Ekor burung warna warni : Melambangkan fakultas yang ada di unmus

    -  Lambang Musamus : Menandakan tempat dimana kegiatan berlangsung yakni di Unmus

    -  2020 : Melambangkan tahun pelaksanaan PKKMB tahun berjalan yakni tahun 2020

    -  Lingkaran coklat putus-putus : Menandakan perbatasan

    -  Peta Indonesia : Melambangkan persatuan yang harus dijaga didalam lingkaran perbatasan

    -  Tangan mengepal dengan berbagai warna fakultas : Melambangkan semangat bersama dari seluruh sivitas Unmus

Hari pertama kegiatan tanggal 21 September 2020 dengan Wawasan Kebangsaan yang disampaikan langsung oleh Komandan Korem 174/ATW Merauke yang diwakili oleh Kasi Intel Korem 174/Anim Ti Waninggap Kolonel Infantri Enjang, S.I.P.

Acara PKKMB tahun ini juga dirangkai dengan acara Webinar sekaligus pembukaan PKKMB Universitas Musamus dan Universitas Borneo Tarakan, dengan rangkaian acara yakni :

     -  Laporan pelaksanaan kegiatan oleh Rektor Unmus selaku Ketua Pokja Pembangunan Kawasan Perbatasan (Prof. Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T)

     -  Sambutan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem A. Makarim, B.A., M.B.A)

     -  Arahan sekaligus membuka acara webinar oleh Wakil Menteri Pertahanan (Ir. Sakti Wahyu Trenggono)

     -  Keynote speaker sekaligus meresmikan acara PKKMB Unmus dan UBT oleh Ketua Forum Rektor Indonesia (Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si)

     -  Pemateri utama webinar oleh : Rektor Universitas Pertahanan (Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.t., M.Sc., D.E.S.D., CIQnR., CIQar)

PKKMB2020 b

PKKMB2020 c

Acara pembukaan PKKMB dan webinar dihadiri oleh perwakilan Danrem 174/ATW, Danlantamal XI, Danlanud dan Kapolres serta semua unsur pimpinan Universitas Musamus mulai dari Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Lembaga, Sekertaris Lembaga, Kepala Biro dan Kepala UPT.

Pada hari kedua tanggal 22 September 2020 materi diisi oleh Kapolres Merauke yang memberikan materi tentang Situasi Kamtibmas yang dilakukan secara Daring, dilanjutkan materi oleh.Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E.,M.Si selaku Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten Merauke menyampaikan materi penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Merauke.

PKKMB2020 d

Bupati Merauke berpesan kepada para mahasiswa baru untuk selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh agar terhindar dari bahaya Covid-19. Mereka harus menjadi baris terdepan dalam upaya menanggulangi dampak penyebaran virus tersebut.

PKKMB2020 e

Hari berikutnya, yaitu hari ke-3 tanggal 23 September 2020 kegiatan PKKMB diisi oleh tim dari fakultas masing-masing yang dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya Gedung PKM, Aula Fakultas Pertanian dan ruang kelas Fakultas Teknik selain lapangan utama untuk menampung jumlah peserta yang memiliki peserta banyak. Dimana pada materi ini ditujukan kepada pengenalan proses kegiatan di Fakultas dan Jurusan menyangkut perkenalan unsur pimpinan, dosen dan staf, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai registrasi, perkuliahan hingga pada etika mahasiswa.

PKKMB2020 f

Di hari terakhir tanggal 24 September 2020, materi diisi oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si melalui daring tentang Bela Negara. Selanjutnya materi diisi oleh Rektor tentang perkembangan Universitas Musamus dan materi terakhir diisi oleh BAKK Universitas Musamus yang menyampaikan tentang tata cara registrasi, proses mendapatkan beasiswa dan informasi akademik lainnya. Acara dilanjutkan dengan upacara penutupan PKKMB oleh Rektor Universitas Musamus yang sekaligus menerima secara resmi calon mahasiswa sebagai mahasiswa Universitas Musamus tahun akademik 2020/2021. Pada acara penutupan PKKMB setiap peserta diharuskan memakai batik nusantara dengan masing-masing ornamen kedaerahan yang dimiliki, selain itu diakhir acara penutupan PKKMB masing-masing daerah menampilkan lagu-lagu daerah sebagai wujud cinta budaya, cinta Indonesia dan cinta Kebhinekaan yang ada, ini sekaligus tetap menjaga ciri PKKMB Universitas Musamus yang selalu menampilkan atraksi tarian daerah setiap tahunnya namun tidak dapat dilaksanakan pada tahun ini akibat pandemic Covid-19.

PKKMB2020 g

Secara keseluruhan acara PKKMB tahun 2020 berjalan dengan lancar walaupun disaat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, namun dengan protokol Kesehatan yang ketat serta kesadaran dari semua mahasiswa dan panitia sehingga acara PKKMB dapat berlangsung dengan baik.

Selamat bergabung Animha Muda, selamat menempuh studi di Universitas Musamus.

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini277
Minggu Ini1936
Bulan Ini16749
Total1224364

IP Anda : 3.230.1.126 30 Oktober 2020
Powered by CoalaWeb